Jangan Remehkan Bahaya Memakai Sparepart Palsu

Info
Spread the love

Segala sesuatu yang palsu pasti akan memiliki dampak buruk untuk jangka waktu yang lama. Para pemilik kendaraan baik motor atau mobil sering kali tidak memedulikan efek samping penggunaan sparepart kendaraan palsu. Beberapa kasus kecelakaan di Indonesia terjadi karena kendaraan tidak dalam kondisi optimal, padahal rajin di service.

Lalu apa penyebabnya? Salah satu penyebabnya tentu penggunaan sparepart palsu. Memang harganya jauh lebih murah dibandingkan harga yang asli. Tapi untuk keselamatan nyawa Anda, jangan sekali-kali membeli sparepart palsu ini.

Sparepart yang banyak ditemui palsu beredar di pasaran biasanya adalah sparepart yang harus diganti secara periodik. Yaitu sparepart yang biasanya memiliki siklus tertentu yang bisa diukur berdasarkan waktu dan jarak. Contohnya ada kampas rem, busi, filter oli, filter udara dan sebagainya.

Ini Bahaya yang Akan Anda Hadapi Jika Pakai Sparepart Palsu

Banyak bahaya yang akan Anda hadapi ketika Anda hobi membeli dan memakai sparepart palsu untuk kendaraan Anda. Contohnya Anda membeli kampas rem palsu karena harganya jauh lebih murah dibandingkan yang asli. Maka kampas rem palsu itu akan berpengaruh pada performa pengereman kendaraan Anda yang bisa menurun. Jika hal itu terjadi, maka nyawa Anda dan orang sekitar yang jadi taruhannya.

Sparepart palsu bisa merusak sistem kendaraan Anda. Selain itu penggunaan sparepart palsu juga bisa membuat garansi mobil menjadi tidak terpakai. Tidak ada jaminan jika si pemilik mobil menggunakan sparepart palsu. Dan jika terjadi kerusakan mobil akibat penggunaan sparepart palsu tersebut, maka biaya yang dikeluarkan akan berkali-kali lipat nantinya.

Lalu apa saja bahaya lain yang akan dihadapi Anda jika masih terus menggunakan sparepart palsu? Begini dampaknya:

  • Bentuk dan Ukurannya Tidak Sesuai

Jika dilihat sekilas bentuk sparepart asli dan palsu sangatlah mirip. Namun perbedaan akan dirasakan ketika sudah terpasang di kendaraan Anda. Sparepart palsu akan membutuhkan proses pemotongan atau penghalusan agar bisa pas dipasang di kendaraan Anda. Selain memakan waktu lama, efeknya juga berbahaya untuk kendaraan Anda.

  • Membuat Sparepart Asli Kendaraan Menjadi Rusak

Bentuk sparepart palsu inilah yang akan menyebabkan sparepart lain yang terhubung menjadi rusak. Sparepart asli pabrik yang ada di kendaraan Anda akan ikut rusak, jika Anda memaksa memakai sparepart palsunya.

  • Kinerja Kendaraan Tidak Optimal

Jangan harap sparepart palsu bisa memanjakan si pemilik mobil dengan keunggulannya. Bahkan dalam banyak kasus, penggunaan sparepart palsu akan membahayakan nyawa Anda sendiri. Apalagi jika sparepart tersebut merupakan komponen penting dalam kendaraan Anda, seperti sistem pengereman. Jangan sekali-kali memakai kampas rem palsu karena bisa meningkatkan resiko kecelakaan.

Beginilah Cara Mengenali Sparepart Palsu

Sebelum Anda membeli sparepart, alangkah lebih baiknya jika Anda bisa mengetahui perbedaan yang palsu dan aslinya. Hal ini harus Anda lakukan agar Anda tidak tertipu dengan sparepart palsu. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Jangan Tergiur Harga Murah

Sparepart palsu yang hampir menyerupai sparepart asli akan dijual dengan perbedaan harga yang tidak terlalu jauh. Misalnya sparepart Asli seharga Rp 200 ribu, maka sparepart palsu bisa dijual seharga Rp 150 ribu. Meskipun yang asli jauh lebih mahal, tetapi untuk penggunaannya akan memiliki jangka waktu yang lebih lama dibanding dengan yang palsu. Dan yang pasti lebih aman untuk kendaraan Anda.

  1. Perhatikan Bahan dan Finishing Sparepart

Sparepart asli akan memiliki bahan dan finishing yang pasti berkualitas. Finishing nya sangat detail dan pas dengan mobil Anda. Jika sparepart palsu dapat dilihat secara kasat mata, bentuk dan bahannya jauh berbeda dengan yang asli. Bahan yang digunakan pun murahan dan finishing nya cenderung kasar.

  1. Nomor Seri dan Barcode

Sparepart asli pasti memiliki barcode atau nomor seri yang bisa dilakukan pengecekan keasliannya oleh si pemilik kendaraan. Jika stiker barcode yang ada di kemasan sparepart masih bagus, maka besar kemungkinan itu adalah sparepart asli.

Belilah Sparepart Asli di tempat yang terpercaya dan resmi. Sehingga kendaraan tetap Aman dan tidak mudah rusak .