Categories
Info

Begini Tips dan Trik Berburu Sparepart Mobil Bekas

Spread the love

Membeli Sparepart mobil bekas biasa dilakukan sebagian orang. Terlebih jika mobil tiba-tiba rusak, dan dana yang kita miliki tidak cukup untuk memperbaikinya. Solusinya membeli sparepart bekas, tapi tentu yang masih layak pakai. Sparepart mobil bekas biasanya diambil dari mobil-mobil rusak bekas banjir, kecelakaan atau mobil mogok yang sudah tidak terpakai lagi.

Sparepart mobil bekas yang dijual tentu banyak variasinya, dari mobil minoritas sampai mobil model baru. Harga sparepart mobil bekas jauh lebih murah dibanding harga baru dan asli dari pabriknya.

Perlu diwaspadai ketika Anda membeli sparepart mobil bekas, apakah penjualnya memiliki kredibilitas dan produk yang dijual bisa dijamin masih bisa dipakai. Karena banyak sekali oknum yang memanfaatkan keuntungan dari kesusahan orang lain. Penting bagi Anda jangan terjebak iming-iming harga murah.

Apakah Aman Membeli Sparepart Bekas?

Sebelum Anda membeli pastikan kualitasnya masih bisa dipakai dan tidak membahayakan nyawa Anda. Resiko dari membeli sparepart bekas sangat bervariasi, tapi yang terpenting Anda harus memastikan dulu bahwa sparepart bekas masih bisa digunakan dengan optimal.

Kondisi sparepart bekas juga beragam, asalkan Anda tahu mana yang masih berfungsi dan memiliki performa baik dan mana sparepart abal-abal. Karena jika membeli sparepart bekas, maka akan berpengaruh terhadap komponen lainnya di dalam mobil.

Sebelum Anda membeli sparepart mobil bekas, ada baiknya membaca tips dan trik berikut ini.

  1. Periksa dan Pastikan Komponen Apa Saja yang Akan Diganti

Sebelum  membeli sparepart mobil bekas, Anda perlu mengetahui komponen apa saja yang rusak dan perlu diganti. Hal ini tentu sangat penting dan akan memudahkan Anda mencari sparepart yang sesuai dengan kebutuhan.

Anda bisa mengecek sendiri atau bawa mobil Anda ke bengkel agar bisa dilakukan pengecekan langsung.  Sangat penting untuk mengetahui bagian mesin mana yang rusak dan apakah bisa diganti dengan sparepart bekas atau harus sparepart original yang masih baru.

  1. Perhatikan Kredibilitas Penjual Sparepart

Jika Anda mau membeli sparepart bekas secara online, Anda harus tahu kredibilitas si penjual. Sekarang banyak Marketplace yang menjual sparepart bekas, namun Anda harus tahu dulu apakah toko dan penjualnya sudah terjamin. Periksa penilaian konsumen terhadap sparepart tersebut. Jangan beli sparepart bekas di toko yang tidak memiliki penilaian.

Selain beli secara online, sparepart bekas juga bisa Anda dapatkan di bengkel sparepart bekas. Disana Anda bisa membeli secara langsung dan melihat bentuknya. Berbeda dengan membeli online karena Anda tidak akan bisa melihat barangnya secara langsung, melainkan hanya melalui gambar. Perhatikan Kualitas Sparepart Mobil Bekas

Barang bekas pasti kondisinya tidak segahar barang baru. Meskipun sparepart bekas, tentu ada yang kualitasnya masih terbukti optimal dan bagus. Sparepart ini yang harus Anda beli agar mobil tetap bisa berjalan dan tidak merusak komponen lainnya.

  1. Harga jual

Jangan Tergiur harga murah, jika harga sparepart bekas masih terbilang tinggi dan kondisinya masih mulus maka harga masih sangat masuk akal. Jangan beli sparepart yang harganya terpantau jauh lebih murah dibanding harga aslinya.

  1. Mengetahui Alasan Mengapa Sparepart dijual

Hal ini sangat penting ditanyakan kepada penjual. Jika alasannya masih logis maka Anda bisa membelinya. Tapi jika penjual tidak menjawab alasan dijual, maka Anda bisa mempertimbangkan lagi untuk membelinya.

Itulah beberapa Tips membeli sparepart mobil bekas, Semoga bermanfaat.