Categories
Info

Spare Part Mobil Yang Perlu Diganti Secara Rutin

Spread the love

Servis rutin menjadi hal penting untuk para pemilik kendaraan lakukan termasuk kendaraan mobil. Walau servis rutin ini tidak menjamin kendaraan Anda bebas dari kerusakan atau kecelakaan, tetapi bisa menjaga berbagai komponen mobil selalu stabil. Pada informasi kali ini akan dibahas manfaat lebih jelas dari servis rutin tersebut dan apa saja suku cadang yang perlu diganti dengan rutin.

Mengenal Manfaat Service Spare Part Mobil

Dengan melakukan servis secara rutin, maka akan bisa menjaga segi keselamatan pengendara, karena kendaraan mobil bisa berjalan stabil dalam situasi atau kondisi jalan. Penyebab kecelakaan salah satunya yang sering terjadi yaitu karena kendaraan tidak diservis dalam waktu lama. Jarang servis kendaraan biasanya bisa membuat pengereman mobil tidak lagi bagus, oli mesin yang sedikit, dan rusaknya karet untuk wiper kaca. Bisa juga terjadi beragam macam kerusakan yang lainnya.

Dari sistem pengereman kendaraan yang jelek, bisa menimbulkan potensi kecelakaan lebih besar pada saat berkendara. Jika Anda servis rutin mobil Anda, maka bisa mengetahui hal yang saat itu tidak beres dan bisa memperbaiki kerusakan mobil Anda. Servis rutin dapat menjaga performa kendaraan tetap stabil atau tetap kondusif. Kendaraan yang rutin Anda servis bisa membuat mobil responsif, dan nyaman dipakai. Mengendarai mobil akan terasa lebih halus pada saat dikendarai.

Apa Saja Spare Part Yang Perlu Rutin Diganti?

Lalu apa saja jenis suku cadang yang biasanya diganti pada saat kita ingin servis kendaraan mobil. Berikut ini ada beberapa spare part atau suku cadang tersebut yang perlu rutin diperiksa dan diganti.

  1. Kampas Rem

Rem tentu menjadi bagian pada kendaraan yang tergolong sangat penting. Sehingga rem ini wajib Anda cek berkala. Cek kampas rem mobil Anda, untuk tahu kondisinya dan pada saat kampas sudah jelek, maka segeralah ganti memakai kampas rem yang baru. Dalam mengecek ketebalan kampas rem, maka bisa Anda lakukan dengan beragam cara. Misal seperti dari bunyi rem mobil yang menimbulkan decitan, karena terdapat gesekan logam. Jika Anda menginjak rem dan pijakan rem tersebut lebih dalam, kampas rem bisa saja sudah harus diganti.

  1. Filter AC

Selain kampas rem, ada juga yang juga perlu diperhatikan yaitu filter AC. Jika Filter AC mobil kamu yang tak terawat dengan baik, maka bisa saja kinerja AC tidak dapat berjalan baik. Lalu ketika kinerja AC ini terganggu, suhu bagian kabin bisa sulit dingin. Jika dibiarkan dingin, maka lama-kelamaan bisa saja ac mobil Anda akan rusak. Jadi pastikan Anda merawat filternya dan ketika pihak bengkel memang menganjurkan untuk mengganti filter AC, segeralah ganti memakai filter AC yang baru. Umumnya filter ini diganti pada saat kendaraan telah mencapai pemakaian yang lama.

  1. Aki

Aki mobil juga harus diperhatikan, bisa saja aki ini melemah yang dapat dirasakan dengan mendengar bunyi klakson. Kalau bunyinya tidak nyaring, atau lampu indikator mobil melemah atau bahkan tidak menyala, maka harus segera diperiksa aki ini. Lalu yang paling parah adalah mesin mobil yang tidak menyala. Melemahnya aki mobil, maka tak akan tenaga untuk sistem kelistrikan kendaraan mobil. Pastikan Anda memeriksa aki ini secara berkala. Selain itu, aki biasanya menurun ketahanannya saat mobil dipakai dua atau tiga tahun. Jika aki mobil Anda sudah parah, maka silahkan ganti dengan yang baru.