Categories
Info

Inilah Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir, Hati-hati Bagi yang Mau Membeli

Spread the love

Mobil menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh kaum metropolitan. Tak hanya di kota, masyarakat di pedesaan pun mulai beralih menggunakan mobil sebagai kendaraan pribadi. Banyak juga yang rela mengeluarkan kocek ratusan juta untuk membeli mobil baru.

Tapi untuk beberapa orang yang tidak memiliki budget lebih, tentu akan membeli mobil bekas yang harganya terlampau sangat murah. Sebelum Anda membeli mobil bekas, kenali dulu siapa penjualnya dan bagaimana mesin mobilnya. Begitu banyak mobil bekas yang dijual, salah satunya adalah mobil bekas banjir.

Apa Efek Membeli Mobil Bekas Banjir?

Mobil bekas banjir akan dihargai sangat murah di pasaran. Karena kondisi mobil menjadi lebih rentan, setelah terkena rendaman banjir. Komponen di dalam mobil juga ikut rusak, sehingga harga jualnya menjadi murah.

Alangkah lebih baiknya periksa terlebih dahulu alasan mengapa mobil itu dijual. Anda juga harus memiliki kemampuan untuk melihat apakah mobil bekas yang akan Anda beli adalah mobil bekas banjir. Jika Anda membeli mobil bukan bekas terendam banjir, maka komponen mesin dalam mobil masih terbilang aman.

Mobil bekas banjir akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Apalagi jika Anda menemui penjual yang tidak jujur. Oleh sebab itu sebelum Anda membeli mobil bekas, kenali dulu ciri-ciri mobil bekas banjir. Agar Anda tidak salah memilih mobil dan menyesal nantinya.

Berikut ini ciri-ciri mobil bekas banjir, kenali dulu sebelum membeli:

  1. Tercium Bau Tidak Sedap di dalam Mobil

Hal yang paling sulit dihilangkan dari mobil yang terendam banjir adalah bau yang tidak sedap. Bau ini akan muncul di area kabin mobil. Bau tidak sedap ini berupa bau apek atau bahkan bau yang sangat menyengat dari cairan pembersih. Zat penghilang bau yang berlebihan, pewangi kabin atau ada aroma kopi akan Anda temui di dalam mobil bekas banjir.

Tentunya si penjual menggunakan banyak pewangi untuk menghilangkan bau bekas banjir, tapi jika zat yang dipakai berlebihan maka Anda patut curiga.

  1. Harga Sangat Murah

Jika Anda menemukan mobil dengan harga sangat murah, jangan buru-buru untuk membelinya. Anda harus bertanya-tanya dulu kepada si penjual mobil bekas mengenai mengapa mobil dijual sangat murah.

  1. Cek Asal Lokasi Mobil Bekas

Sebelum Anda membeli mobil bekas, cek dulu STNK dan informasi pemilik mobil sebelumnya. Jika si penjual tinggal di daerah rawan banjir seperti Jakarta, Surabaya atau Semarang maka Anda perlu mempertimbangkannya lagi.

  1. Cek Body Interior Mobil

Anda bisa mengecek komponen interior mobil seperti bagian karpet dan pembungkus joknya. Selain itu Anda juga bisa mengecek bagian karet pintu mobil, apakah ada lumpur atau bekas lumpur dampak terendam banjir. Jika di area tersebut menemukan tanah, pasir atau noda lainnya maka besar kemungkinan mobil bekas terendam banjir.

  1. Bagian Mobil yang Berembun

Periksa bagian kaca pada lampu depan dan belakang mobil. Jika terdapat uap air atau embun tetapi tidak ada retakan atau kaca pecah, maka besar kemungkinan mobil tersebut pernah terendam air banjir.

  1. Periksa Oleh Mekanik

Mekanik tentu bisa mengenali mobil yang memiliki bekas endapan kotor dan lumpur bekas banjir. Jika Anda mau membeli mobil bekas, alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan jasa mekanik untuk pengecekan keseluruhan.

Itulah beberapa ciri-ciri mobil bekas banjir, kenali dahulu sebelum menyesal membeli mobil bekas.